Thursday, March 18, 2010

The Days of 1999

Ya, saya anak 90-an! Waiyaaah... ketauan deh tuanya :P Every now and then saya selalu dan selalu kangen segala yang berasal dari tahun 90-an. Terutama musik! Walaupun saya anak tertua di rumah - which means dulu nggak ada kakak yang bisa dipinjemin kaset-kaset lagu populer - tapi sejak SD kelas 4 saya udah mulai ngeh dengan musik top 40's. Blessed me, sahabat-sahabat saya sewaktu SD semuanya anak bungsu yang punya kakak-kakak remaja :D Jadilah walaupun orang tua saya nyetelnya The Carpenters di rumah (masih untung bukan Denpasar Moon), saya tetep update dwoonk dengan New Kids on The Block, Janet Jackson, Dewa 19, Iwa K, Denada (yes, there was a time when Denada did not sing dangdut and actually made really good music...), Mariah Carey, dan lain-lain :)


Semalem waktu ngerjain tugas, saya mendadak dangdut inget gaya saya ngerjain pe-er jaman klas 3 SMP - 2 SMA. Sambil ngerjain tugas Fisika, Ekonomi or Geografi (kadang begadang-style), ditemani musik dari siaran MTV yang didapet dari sambungan parabola di rumah. Saya inget banget acara2 MTV jaman segitu: Asia Hitlist, Alternative Nation, Party Zone, MTV Fresh, Most Wanted, MTV Island, Triple Play.... hihihi. Jadilah saya bikin playlist di Youtube dengan lagu-lagu yang sering diputer MTV dulu, untuk menghadirkan suasana begadang yang sama seperti jaman SMA saya. *Halah!*


Mumpung (hampir) weekend, buat ide browsing-browsing (kali, hahaha...) I'm gonna share some of my favorite 90's-00's MTV chart-toppers:


1. Jewel


Mbak satu ini udah jadi favorit saya dari SMP. Cantik, tapi punya style sendiri. Walaupun saya ga pernah punya kasetnya dulu, saya selalu semangat mengikuti video-video terbarunya di MTV (dan minjem kaset temen op course :p) ... sampai akhirnya dia muncul dengan lagu Intuition yg videoklipnya a la Britney Spears :(












2. Jamiroquai


Op kors, apalah arti Nez masa SMP-SMA tanpa Jamiroquai hehe. One of the best acid-jazz and funk tunes of all time, period. :)















3. Madison Avenue


Ga pernah denger? Emang ga terkenal2 amat, saya dulu tahunya gara-gara acara MTV Party Zone. Duo cewek-cowok, genrenya dance/pop, munculnya tahun 2000 waktu "club culture" lagi ngeboom. Saya inget banget punya album mereka The Polyester Embassy" yang carinya susyaaaah banget.













4. Janet Jackson


My firm favourite since primary school days.... dan tetap jadi favorit waktu SMA.

Sebenarnya saya lebih senang lirik-lirik lagu Janet jaman 90-an yang thoughtful dan ga melulu soal cinta, seperti di album dia yang The Velvet Rope (1998) atau Rhythm Nation (1993). Nonetheless, sampai tahun 2004 gitu saya masih setia ngikutin album-albumnya.












5. TLC


TLC! Saya mulai ngikutin mereka baru dari album Fanmail (yg ada single No Scrubs-nya tu loh). Tapi gara2 mereka jadi Artist of The Month-nya MTV saya jadi tahu lagu-lagu lama mereka yg lebih keren2.... which leads me to buy their CrazySexyCool album (1996) di tahun 1999. Hahahah... telaat.













6. Solveig Sandnes


Danish singer. One-time famer, one-hit wonder :D Satu-satunya lagu mbak ini yang dapet airplay lumayan di MTV itu yang judulnya Marie. Genre mbak ini mirip-mirip The Cardigans jaman 90-an, catchy melodic pop khas musik Skandinavia. Nyari albumnya, Analog, cuma ketemu di toko kaset Aquarius di Surabaya, hihi.











7. Jennifer Paige


Another one-hit wonder. Sebenernya ga separah mbak Solveig, dia ngluarin album lagi setelah album pertamanya yg ngehit tapi vidio-vidionya jarang banget muncul di MTV. Aku dulu sukaa banget wardrobe dia di vidio2nya. Sandal tebel, cardigan lucu, capri pants, kemeja warna silver.. oh, so late 90's :)












8. Sixpence None The Richer



Sebenernya bukan band favoritku amat, tapi lagunya "Kiss Me" udah berjasa memberi aku banyak kenangan lucu dan manis semasa esema :P













9. Lene Marlin



One-hit wonder juga. Sama kayak mbak Solveig, mbak satu ini juga orang Skandinavia. Norwegian klo ga salah. Aku heran kenapa dia ga seterkenal rekan senegaranya si M2M yah? Padahal menurutku, lagu-lagunya lebih bagus dan lirik-liriknya lebih thoughtful, gak menye-menye gitu.










10. Toutes Les Filles



Gak pernah tahu lagu mereka selain yang judulnya That's What Love Can Do, dan gak pernah denger tentang mereka lagi setelah lagu itu keluar. Gayanya mirip B-Witched gitu deh. Aku suka lagunya, ceria, SMA banget lah :)







11. Kylie Minogue



Hahaha... what's 90's without Kylie? Apalagi di tahun 2000 waktu musik dance/pop lagi ngetrend2nya. Saya ga ngefans segitunya sama Kylie, tapi lagunya yang Spinning Around bener-bener "infectious" jaman thn 2000 gitu, plus koreografi lagunya yg pake gaya nepok pantat segala. khekhekhekhe.


"I'm spinning around, move out of my way.... I know you're feelin' me 'cuz you like it like this..."










Et voila, here's my playlist with 11 tracks in it - I handpicked one of my favorite songs from each singers :)


Enjoy your almost-weekend, blogviewers :)

2 comments:

nisa said...

haiiii gw jg dulu sukaaa bgt MTV asiahitlist, MTV fresh, MTV most wanted padahal waktu itu msh SD hihihi....salam kenal yaaa mampir ke blog gw jg doonkkk ^___^

a.k.a. Nez said...

haluu, thanks dah mampir sini ya nisa-chan, sori nih baru direply skrg... dah lama ga sempet updet blog. ok ntar tak mampir2 ;-)