Thursday, September 16, 2010

Mie ayam, bakso dan bebek goreng...


Hah? Ngidam?
Iya, ngidam. Soalnya Alhamdulillah... saya lagi hamil.

Akhirnya, lebih dari enam bulan setelah stop kontrasepsi, Allah mempercayakan seorang calon penghuni dunia untuk bersemayam di rahim saya. Sekarang umurnya sudah 3 bulan jalan 4 bulan.

Mohon doanya kawans, semoga kami berdua sehat2 selalu.

So far I'm still refusing to turn this blog completely into a pregnancy/baby journal, wkwkwk. Saya sih sudah menulis pregnancy journal sendiri di rumah, dalam bentuk buku harian biasa yg ditulis tangan. Pengennya, kelak saya berikan ke si anak sebagai hadiah :)

Sengaja saya pilih diary yg ditulis tangan, biar lebih berkesan untuk anak saya nanti :)

Nanti lah saya bikin post yg khusus tentang pengalaman kehamilan (garis-dua moment, mual-mual moment, dsb). Sekalian bagi-bagi kabar, buat diajeng satu ini yg katanya nunggu cerita-cerita hamil saya.

Sekarang saya lagi moodnya membahas makanan, berhubung lagi ngidam. Hihihi.

Berhubung dalam daftar ngidam saya minggu ini adalah Mie Ayam dan Bakso, jadi mari kita membahas dua makanan ini :D Oh, bebek goreng juga deh, soalnya minggu lalu ngidamnya itu... hehe.


-----------------


#1: Bebek goreng (specifically: bebek goreng "cak Sandy" Surabaya)


Sangking pengen banget bebek goreng, saya sampe nulis post di wall FB, hihihihi. Habisnya, ngidam banget pol-polan. Specifically saya pengen bebek goreng cak Sandy yg mangkalnya di parkiran seberang Galaxy Mall... hiks. Atau cak sapa aja deh yg penting bebek Surabaya. Yang sambelnya pedas meriah. Yang bebeknya pake bebek kampung digoreng garing dan penuh minyak kuning berlemak jenuh tinggi a.k.a. biang kolesterol. Oh, heaven.

Beberapa teman ngusulin kenapa ga makan bebek di restoran Cina disini, sebagai pengganti. Uhm, dagingnya beda masalahnya, kalo bebek sini ga crispy dan agak kemerahan. Ga ada yg bisa menyamai level dewa-nya bebek kampung Indonesia yang kurus-kurus nan gurih dengan bumbu yang miroso* itu :( Lagipula sambelnya yang bikin mulut sampe plongoh plongoh itu ga ada yang bisa nyamain di Eropa. Sambel restoran Cina? Yaaah... sambel banci itu :P

Anyway, waktu hari Lebaran kemaren main ke rumah temen, ada suguhan bebek (Eropa) goreng. Entah kenapa, setelah makan bebek itu sampe rumah malah tambah mual. Akhirnya, jadi ga ngidam bebek lagi :P


#2: Mie Ayam/ Mie Pangsit Ayam (spec.: Mie pak Teguh "Rinjani" - Semarang)

Mie ayam, with or without pangsit, adalah makanan andokan* favoritku dari sejak jaman SMA. Semua jenis mie ayam dah pernah tak rasain, mulai dari yg ga enak, standard sampe yang enak.
Esp. semasa SMA di Malang, favoritku Mie Ayam Gajahmada (bukan bakmi GM lho, kebeneran namanya aja sama). Warungnya agak nyempil posisinya di belakang Gajah Mada Plaza, daerah Pasar Besar. Dulu buat aku inilah Mie Ayam level dewa, GM yang kesohor dan bermerk itu kalah deh.

Begitu tahu aku fans berat Mie Ayam, suamiku si Komar yg cah Semarang asli langsung sibuk berkoar-koar soal Mie Ayam pak Teguh yang warungnya di sebelah hotel Rinjani - Semarang. Katanya, ini baru mie ayam terenak, dan aku harus nyoba. Akhirnya waktu kami pulang Indo bulan Desember 2009 kemarin dan sempat mampir Semarang, jadilah kami sambangi nih warung yang ngantrinya amit-amit padahal kami nyampe sana juga masih jam setengah 7 malem (konon kalo sampe sana jam 9 udah kehabisan). Ternyata?

Bener deh, segala level dewa dan kahyangan yang udah aku hadiahkan buat
Mie Ayam Gajahmada kandas sudah. Mie Ayam pak Teguh ini baru level dewa yang sebenarnya (lebay). Mienya mereka buat sendiri, alias homemade, teksturnya kenyil dan rasanya gurih. Slurp, jadi makin ngidam :(

Akhirnya kemarin malam aku & Komar bahu-membahu di dapur masak mie ayam sendiri. Kumplit pake pangsit rebus yang kulitnya aku bikin sendiri, sementara Komar bikin mie homemade. Hasilnya ya tetep enaaaak sih, walaupun still... pak Teguh... I miss you :(


#3: BAKSOOOOOOO!! (Bakso Jawa Timur)

Aaaaah, kayaknya makanan yg ini standard ada di daftar ngidam hampir setiap ibu hamil Indonesia. Khusus untuk daftar ngidamku ini, yang aku pengen itu bakso dengan penyajian seperti di Jawa Timur (namanya juga orang Jatim). Hah, emang beda ya sama daerah lain? Berdasarkan pengalamanku, di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta, cara orang makan bakso beda dengan di Jawa Timur. Apa bedanya?

a) Bakso ala Jakarta


Waktu sempat tinggal & internship di Jakarta (Jakarta Timur tepatnya), kebetulan teman-teman seruangan di kantor pada hobi jajan. Karena mereka tahu aku pernah tinggal di Malang, jadilah mereka lumayan sering ngajak ke warung bakso di terminal Rawamangun, yang katanya terkenal di daerah situ. Tapi, sungguh sayang cara makan bakso di sana sama sekali ga sesuai dengan seleraku :P

Pertama, ada tambahan kol dan tauge. Aku terkaget-kaget dot com begitu tahu kalo bakso di Jakarta itu dicampur kol & tauge. What???!! Pertama kalinya aku mBakso di Jakarta, si abang yang jualan ga tak kasih tau kalo aku ngga mau kol ataupun tauge. Jadilah aku memandang semangkok Bakso yang aku pesan dengan sangat tidak berselera :P

Kedua, di Jakarta biasanya bakso juga dicampur gorengan-gorengan semacam ote-ote (di Jakarta dibilangnya "bakwan") atau tahu isi. Setahuku, bakso kalo di Malang atau Surabaya juga dicampur gorengan, tapi standard gorengan untuk campuran bakso ya misal siomay goreng/ basah, gorengan panjang (mirip lumpia), tahu bakso atau bakso goreng. Tapi ote-ote atau tahu isi; bukannya itu gorengan yang biasanya dimakan gitu aja (atau pake petis) yah? Awalnya aku udah heran, kok warung Bakso juga jualan gorengan2 gitu, tapi aku pikir mungkin dijual buat cemilan aja. Eh ternyata orang-orang disekitarku minta
abangnya yang ngeracik untuk motong-motong tahu isi, ote-ote dan kawan2nya itu dan mencampurkannya ke dalam kuah bakso #_# Lebih aneh lagi, beberapa orang malah juga
nyampurin krupuk ke dalam baksonya. Err.

b) Bakso Jawa Tengah (bakso Solo)

Waktu liburan di Semarang, kebetulan pengen jajan bakso. Akhirnya Komar ngajak
aku cari-cari bakso di daerah dekat Srondol/ Semarang atas. Begitu masuk warung, aku langsung notice bedanya bakso Jawa Tengah dengan bakso Malang: semangkuk bakso disana isiannya cuma bakso urat/ halus (dalam ukuran besar/kecil) dan bihun. Dengan kuah yang sangat kaldu sekali. Bakso Jawa Tengah kesannya lebih "purist" - bakso ya isinya bakso aja, plus bihun. Ga pake mie kuning atau gorengan2.

Enak sih, tapi... kurang nampol di perut rasanya kalo ga ada goreng2nya, hehe.

c) Bakso JaBar/ Bakso Bandung


Masih waktu di Jakarta, pernah ada temen yang ngajakin makan Bakso Bandung (bakso Pasundan atau apa gitu nama warungnya). Menarik juga, aku pikir, karena aku sendiri ga ada bayangan kayak apa bakso Bandung - berhubung seumur hidup cuma pernah sekali ke Bandung itupun waktu kecil, hehe.

Ternyata, bakso Bandung lebih minimalis lagi daripada bakso JaTeng. Kalau Bakso JaTeng masih ada bihunnya, bakso Bandung semangkok isinya cuma dua: satu bakso ukuran standard, dan satu bakso urat ukuran gedeee. Bakso raksasanya ini ada yang standard juga yang pake isian, entah daging cincang berbumbu atau telur puyuh.

d) Bakso Jawa Timur (Bakso Malang).

Horeeeeee... inilah bakso yang aku maksud, yang ada di daftar ngidamku beneran.

Psst, perhatikan sambal oranye penuh racun di atas. Uffff, menggoda iman :D


Lazimnya bakso Malang disajikannya dengan gorengan-gorengan seperti diatas ini. Bakso goreng, siomay2an, lumpia2an, tahu bakso. Ada juga kreasi seperti bakso bakar, bakso tenes, bakso isi. Bisa apa aja sesuai kreasi si penjual. Jadi di mangkok isinya ga cuma si penthol bakso aja. Sering juga ada tambahan mie kuning plus bihun. Nyam nyam jreng pokoknya.

Jangan kaget kalau misalnya lagi ke Malang dan tanya ke teman "bakso yang enak di mana ya", teman anda akan bingung menjawabnya hahaha. Seandainya ada pintu kemana sajanya Doraemon, aku pengen ngabur ke Malang dan nyatroni warung-warung ini sekarang juga:

- bakso Dokdikjur (deket Rampal, arah Sawojajar)
- bakso President belakang Mitra 2 (warungnya mepet rel kereta)
- bakso bakar ABM
- Bakso Kidul Pasar Blimbing (ini Bakso Solo sih benernya hehe, tp enaaak)
- Bakso Pak Man (bukan Cak Man yg franchise itu lho) di belakang SMA Salahuddin...

Ah, mana lagi ya? Sangking seringnya nyoba bakso waktu di Malang dulu (dan rata-rata sama enaknya), sampe ga bisa spesifik lagi.

Kalau di Sidoarjo, ada juga bakso yang enak. Namanya Bakso Granat. Sayang warungnya dimana aku udah lupa, karena dulu kesananya juga waktu main ke rumah tante-oom di Sidoarjo. Disebut Granat karena saking gedenya nih bakso :D Kira-kira penampakannya seperti ini:

Yup, saking gedenya jadi satu mangkok isinya cukup satu aja, hahaha.

Kalau di Surabaya, warung bakso favoritku:
- Bakso "Sayang" di jalan Wijaya Kusuma seberang SMA kompleks. Disebut gitu karena bu'e yang jual kalo manggil kita-kita (pelajar2 cewek) pake sebutan "Sayang" hehe.
- Bakso Jalan Pacar, sederet dgn SMPku dulu; lokasinya juga ga jauh dari bakso Sayang.
- Favorit keluargaku: lokasinya di Manyar, kami nyebutnya "bakso Kotak" karena salah satu variasinya yaitu penthol bakso yang dibentuk persegi.


----------------

Satu hal yg jelas, untuk jenis-jenis makanan diatas kayaknya emang paling pas kalo makannya di warung-warung nyempil atau PKL, bukan di outlet dalam mall ber-AC. Justru seninya njajan-njajan begini tuh sambil kringeten, panas-panas. Keluar rumah pake kaos oblong santai dan dandan seadanya, berangkat naik mikrolet/ jalan kaki/ gonceng teman yg naik sepeda motor. Makan di warung tanpa perlu peduli tingkat kehigienisannya, sambil satu tangan sibuk "olahraga" ngusir laler :P


catatan kaki:

*andokan: warung tenda/ PKL
*miroso: kaya bumbu, bumbunya meresap & sangat terasa


pics from: mysukma blog, kaskus, semilirsunyi.blogspot.com, vilyliu blog, teddytirtablog, din2902.multiply.com, bukankelanakuliner.com
linked review: rachmatwidada.blogspot.com (mie ayam teguh), bogor02.multiply.com (mie gajahmada malang) and dolansuroboyo.wordpress.com (bebek goreng cak sandy)

6 comments:

Unknown said...

haha thanks for the update! xD gile i think this is the most comprehensive review of mie bakso se-Jawa -_-
not a mie bakso fan..ga nyadar jg klo ternyata mie bakso tiap daerah itu beda *manggut2*
ditunggu update berikutnya :D

a.k.a. Nez said...

hahahaha maklum udah kepengen buangeet jadi ditulis aja, sapa tau kangennya jadi mendingan :P

wah aku justru big mie + bakso fan. makanan street vendor yg kusambangi pertama begitu pulang ya either mie ayam or bakso. pas landing di Soetta aja langsung cari mie ayam di terminal 2, haha, sayang harganya book... hantam abis (17.000 of zo).

klo g seneng bakmi krn takut kotor/ MSGnya, cobain mie kondang deh ul, di Jak, daerah Kota (kl g slh). bersiiih warungnya, sambel+saosnya juga bukan yg ga jelas gtu, mienya ga pake MSG, well buat aq sih ga sah (maklum gila MSG + sambel racun :p). tapi mayan enak deh.

a.k.a. Nez said...

eh, pikir2, untung juga ya aku hamilnya di sini. coba kalo aku hamil di Indo, pasti imanku dah tergoda abis2an buat makan makanan2 ga jelas begini... wkwkwk

capcaibakar said...

jadi lapaaaarrrr.

a.k.a. Nez said...

hahaha, emang deeeh. aku baca postinganku sendiri lagi sampe ngiler2 gara2 foto2nya aja. thanks dah mampir kesini ya.... :)

Unknown said...

ehm..baiklah kapan2 akan sya cuba :D
iyo nez, UNTUNG hamilnya bukan di sini. yg jelas di sana insyaAllah jabang bayinya jg lebih sehat..! (soalnya ibunya ga OD MSG / overload pengawet, perisa dsb..:)) )
kusjes...